Karismatik Anggrek Coelogyne Celebensis Sulawesi sebagai Inspirasi Pembuatan Koleksi Busana (Studi Kasus pada Koleksi UD. Anacaraka Butik)

Main Article Content

Anglian Qurrota A'yun
Ida Ayu Sri Sukmadewi
Ni Putu Darmara Pradnya Paramita

Abstract

Artikel ini dilatar belakangi berdasarkan tema besar yaitu Diversity of Indonesia yang mewajibkan mahasiswa mengekspresikan idenya dengan mengeksplorasi arsitektur, kuliner, flora fauna endemik dan sosio culture. Penulis memilih konsep flora endemik Indonesia dengan mengangkat tumbuhan Anggrek Sulawesi Coelogyne Celebensis yang divisualisasikan ke dalam sebuah karya busana semi Haute Couture dan Ready to Wear pada koleksi busana UD. Anacaraka Butik. Anggrek Sulawesi Coelogyne Celebensis merupakan flora endemik yang hanya terdapat di Sulawesi. Coelogyne Celebensis memiliki bentuk bunga yang indah  dan berkarisma Kata kunci Coelogyne Celebensis akan divisualisasikan ke dalam siluet busana dan pemilihan tone warnanya, kata kunci ruas akan divisualisasikan pada beberapa bagian busana yang didesain dengan potongan garis-garis, kata kunci karisma akan divisualisasikan pada desain busana yang anggun dan tidak terlalu banyak ornamen namun meninggalkan kesan elegan dan berkarisma. Hasil penciptaan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan referensi akademis khususnya pada bidang fesyen mengenai analogi Anggrek Sulawesi Coelogynne Celebensis yang diimplementasikan ke dalam karya busana.


 

Article Details

How to Cite
A’yun, A. Q., Sukmadewi, I. A. S. ., & Paramita, N. P. D. P. (2022). Karismatik Anggrek Coelogyne Celebensis Sulawesi sebagai Inspirasi Pembuatan Koleksi Busana (Studi Kasus pada Koleksi UD. Anacaraka Butik). BHUMIDEVI: Journal of Fashion Design, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.59997/bhumidevi.v2i2.1765
Section
Articles