Troides Psyche

Authors

  • Ni Luh Melati Dewi Dasi Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Tjok Istri Ratna Cora Sudarsana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Dewa Ayu Putu Leliana Sari Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/bhumidevi.v2i2.1782

Keywords:

Feminim, Frangipani, Kupu-kupu, Target Market

Abstract

Kupu-kupu Troides Dorhetyi merupakan kupu-kupu bersayap besar berwarna hitam (Jantan) dan coklat (Betina), hanya bisa ditemukan di kepulauan Talaud dan Sangihe Sulawesi Utara dan Filipina. Kupu -kupu identik dengan kesan feminim.  Koleksi busana dengan judul  Troides Psyche merupakan hasil  kolaborasi dengan  tempat  magang  UD  Ali  Charisma  yaitu  busana  evening  gown  dengan  style  feminim.  Tahapan pembuatan koleksi busana Troides Psyche menggunakan teori Prangifani dari Tcok Ratna Istri Ratna Cora Sudharsana yaitu beberapa tahapan pembuatan busana meliputi research and sourching, design development, sample, prototype, dummy, final collection, promoting, branding, sale, production business. Sebelum memulai tahap desain, perlunya melakukan reseach target market terlebih dahulu, koleksi busana troides psyche dengan target market wanita yang memiliki sifat feminim, berani dan percaya diri. Pembuatan koleksi busana ini menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang selama 4 bulan ini diterima di tempat magang UD Ali Charisma, salah satunya yaitu ilmu bisnis marketing plan yang terdapat bisnis canvas dan pecah pola bustier.

Published

2022-09-30

How to Cite

Dewi Dasi, N. L. M. ., Sudarsana, T. I. R. C., & Sari, D. A. P. L. (2022). Troides Psyche. BHUMIDEVI: Journal of Fashion Design, 2(2), 124–136. https://doi.org/10.59997/bhumidevi.v2i2.1782

Issue

Section

Articles