Pengaruh Influencer Terhadap Bisnis Fashion

Main Article Content

Ni Putu Netania Amanda Erawan

Abstract

    Sosial media sangat erat kaitannya dengan kehidupan sosial masa kini, dimana interaksi antar individu dalam menerima dan memberi informasi dengan mudah dan lingkup yang sangat luas. Sosial media menyebabkan tren di kalangan masyarakat berkembang sangat cepat baik kuliner, otomotif, hiburan, hingga mode. Interaksi antar pengguna sosial media juga memberi kesempatan pebisnis atau profesi lainnya untuk memperkenalkan jasa dan produknya di dunia maya, ditambah lagi penggunaan sosial media sangat ekonomis dan hal ini membentuk lapangan pekerjaan baru seperti influencer. Para influencer ini dapat mempengaruhi kehidupan sosial orang disekitarnya dan berpotensi menjadi tren setter atau inspirasi.  Adanya fenomena tersebut sangat penting bagi desainer sekaligus pebisnis mode bahkan, mereka dapat mengambil kesempatan dengan dapat menjadi influenser di kalangan sekitarnya bahkan dalam lingkup yang lebih luas sehingga, dalam penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana pengaruh influencer yang mengacu pada teori terbentuknya strategi komunikasi pemasaran oleh Novita Ekasari (2014) dan bagaimana cara untuk memiliki jiwa influencer khususnya bagi desainer ataupun pebisnis mode menggunakan teori kesan influencer di sosial media menurut Arofah dan Tandyonomanu (2020). Penelitian ini menggunakam metode observasi terhadap beberapa akun instagram pribadi dan bisnis milik seorang influencer dan wawancara influencer di kalangan menengah untuk mempelajari strategi dasar dalam mempengaruhi kehidupan sosial di lingkup yang lebih kecil atau orang-orang sekitar sehingga, masyarakat khususnya fashion desainer dapat mengetahui sikap-sikap dasar seorang influencer.

Article Details

How to Cite
Erawan, N. P. N. A. . (2021). Pengaruh Influencer Terhadap Bisnis Fashion. BHUMIDEVI: Journal of Fashion Design, 1(1), 50–57. https://doi.org/10.59997/bhumidevi.v1i1.287
Section
Articles