Music Creation Tirta Pemutih | Kreasi Musik Tirta Pemutih
DOI:
https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1109Kata Kunci:
Semarandana, Karawitan Bali, Gamelan, Tirta PemutihAbstrak
Tabuh kreasi Tirta Pemutih merupakan karya yang tercipta dari transformasi sebuah objek sumber mata air suci yang terdapat di kawasan Pura Dalem pemutih. Keunikan-keunikan yang didapat seperti gelombang air, nama dari sebuah pura tempat objek ini berada, serta dualitas sumber air yang berbeda menjadi ide dalam penciptaan karya ini. Tujuan dari penciptaan tabuh kreasi Tirta Pemutih ini adalah untuk mentransformasikan ide yang didapat ke dalam sebuah konsep melalui media musik karawitan Bali. Penciptaan karya ini, menggunakan metode penciptaan dari Alma M. Hawkins yang diantaranya adalah tahap penjajagan, tahap percobaan, dan tahap pembentukan. Dari metode tersebut, penata melakukan proses kreativitas untuk membentuk karya tabuh kreasi Tirta Pemutih. Hasil dari proses penciptaan pada karya tabuh kreasi Tirta Pemutih ini adalah penata mampu mentranformasikan ide-ide yang di dapat dari sebuah sumber mata air suci ke dalam sebuah bentuk tabuh kreasi yang berjudul Tirta Pemutih. Pada hakekatnya tabuh kreasi Tirta Pemutih merupakan sebuah media untuk memperkenalkan sebuah objek sumber mata air suci kepada pendengar karya melalui konsep-konsep yang sudah dirancang dan dipaparkan dalam sebuah diseminasi.
Kata kunci: Sumber Mata Air suci, Tabuh Kreasi, Tirta Pemutih
Unduhan
Referensi
Agus, I. P. A. A. Y. et al. (2021) ‘Tari Ngalebar’, Jurnal IGEL: Journal Of Dance, 1(1), pp. 29–35.
Ardana, I. K. (2017) ‘Metode Penciptaan Karya-Karya Baru Karawitan Bali’, in Karya Cipta Seni Pertunjukan. Yogyakarta: JB Publiser bekerjasama dengan Fakultas Seni Pertunjuka, pp. 334–363. Available at: http://digilib.isi.ac.id/7233/2/Karya Cipta Seni Pertunjukan_PROOF.pdf.
Ardiana, K. A. N. K. S. (2021) ‘Introduction to “Achromatic” Karawitan Artwork | Pengantar Karya Seni Karawitan “Achromatic”’, Ghurnita, 1(2), pp. 108–116. Available at: https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/214.
Bandem, I. M. (2013) Gamelan Bali di atas Panggung Sejarah. Denpasar: Badan Penerbit STIKOM Bali.
Darmawan, I. P. A. and Krishna, I. B. W. (2020) ‘Konsep Ketuhanan Dalam Suara Gamelan Menurut Lontar Aji Ghurnnita’, Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 3(1).
Destrina, Z. (2015) ‘Prototype Alat Pengolahan Air Laut Menjadi Air Minum (Pengaruh Variasi Koagulan dan Packing Filter Terhadap Kualitas Air dengan Analisa TDS, DO, Salinitas dan Kandungan Logam Mg2+ dan Ca2+)’. Politeknik Negeri Sriwijaya.
Eskak, E. (2013) ‘Metode Pembangkitan Ide Kreatif Dalam Penciptaan Seni’, Corak: Jurnal Seni Kriya, 2(2).
Hawkins, A. M. (2003) Creating Through Dance (Mencipta Lewat Tari terjemahan Y. Sumandiyo Hadi), Manthili Yogyakarta.
I Gede, Y. (2010) ‘Tabuh Kreasi Pepanggulan’, Artikel Bulan Mei 2010. Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar| Indonesian Institute of The Arts …, 8, pp. 1–4.
I Ketut Suryana Putra, I. G. M. I. S. (2019) Mireng. Denpasar: ISI Denpasar. Available at: http://repo.isi-dps.ac.id/3017/.
I Putu Gede, S. and I Ketut, S. (2020) ‘Manis Batu Sebuah Garapan Kreasi Baru Gambelan Semar Pegulingan Saih Pitu’, Segara Widya. ISI Denpasar, 8(01), pp. 47–58.
Laksono, Y. T. (2017) ‘Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara’, Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), pp. 253–261.
Mariyana, I. N. and Sentana, G. D. D. (2019) ‘Pengenalan Konsep Pangider Bhuana ke Dalam Pelatihan Karawitan Bali’, GUNA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN HINDU, 6(1), pp. 64–69.
Putra, I. M. D. A. (2021) ‘Eksplorasi Gamelan Angklung dan Selonding Sebagai Media Ungkap Dalam Penciptaan Karya Musik †œKapetengan‒, Segara Widya: Jurnal Penelitian Seni, 9(1), pp. 1–7.
Qomaruddin, A. (2017) ‘Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran MufradÄ t’, Jurnal Kependidikan, 5(1), pp. 20–28.
Retnoningsih, E., Shadiq, J. and Oscar, D. (2017) ‘Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming) Berbasis Project Based Learning’, INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL: Journal of Informatics, 2(1), pp. 95–104.