Developing Singakerta Village Through the Establishment Sekaa Gong | Membangun Desa Singakerta Melalui Pembentukan Sekaa Gong
DOI:
https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v4i1.2396Kata Kunci:
Sekaa Gong, Seni Karawitan, RegenerasiAbstrak
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Membangun Desa dilaksanakan di Desa Singakerta dengan fokus wilayah pada Banjar Tunon. Kegiatan awal yang dilakukan adalah mengobervasi rekam jejak seni karawitan di Desa Singakerta. Dari studi kasus tersebut ditemukan sebuah permasalahan terkait generasi yaitu tidak berkembangnya potensi Sekaa Gong Anak-Anak yang terbentuk pada tahun 2013 sehingga peneliti berniat untuk membangun kembali Sekaa Gong Anak-Anak untuk dijadikan program kerja dalam kegiatan KKNT yang diberi nama Sekaa Gong Anak-Anak Jenggala Kauripan. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode kualitatif dengan proses pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Pelaksanaan pelatihan di Sekaa Gong ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dalam seminggu dengan menerapkan cara mengajar karawitan Bali yaitu metode Catur Maguru yang meliputi, maguru lima, maguru panggul, maguru kuping dan maguru rasa. Disertai pula dengan metode tambahan seperti metode drill dan metode tanya jawab. Melalui pelatihan ini capaian yang dihasilkan adalah telah dilakukan pementasan sebanyak 2 kali sehingga kontribusi dari pelatihan ini dapat tercapai.
Unduhan
Referensi
Adi Surya, I. Gede, Saptono Saptono, and I. Ketut Partha. 2022. “The Process of Music Creation Kelabu | Proses Kreasi Musik ‘Kelabu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(1):62–70. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i1.419.
Adnyana, I. M. P. I. G. Y. H. S. (2019). Patra Dalung, Sebuah Komposisi Karawitan Bali Yang Lahir Dari Fenomena Sosial Di Desa Dalung. Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan, 5(1), 61–67. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/kalangwan/article/view/670
Bandem, I. M. (2013). Gamelan Bali di atas Panggung Sejarah. Badan Penerbit STIKOM Bali. https://books.google.co.id/books/about/Gamelan_Bali_di_atas_panggung_sejarah.html?id=_lLmoAEACAAJ&redir_esc=y
Darmayasa, I. Ketut Agus, and Kadek Suartaya. 2023. “Music Composition ‘Sekar Layu’ | Komposisi Musik Inovatif ‘Sekar Layu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):224–33. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.422.
Dwi Antara Putra, Ni Ketut Dewi yulianti. 2022. “Bayu Wetan As An Inspiration For The Percussion Of The Hips Creations | Bayu Wetan Sebagai Inspirasi Tabuh Kreasi Pepanggulan.” Ghurnita Jurnal Seni Karawitan 2(1):71–76.
Gede Rudita, I. K., Sumardiana, I. P. G. P., & Sari, I. A. P. (2019). Pengembangan Tabuh Tari Wali Sanggar Seni Pari Gading Desa Pupuan Swah, Kecamatan Selemadeg,Kabupaten Tabanan. WIDYANATYA, 1(2), 92–111. https://doi.org/10.32795/widyanatya.v1i2.500
Nagara, I. P. P. I. N. S. (2021). Gamelan Gender Wayang Composition “Sandaran Laju” | Komposisi Gamelan Gender Wayang “Sandaran Laju.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 01(02), 117–125. https://doi.org/https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.333
Purna Yasa, I. Made Rai, and Hendra Santosa. 2022. “The Transformation of Wargasari’s Kidung into Composition ‘Wehyang’ | Transformasi Kidung Wargasari Ke Dalam Komposisi Karawitan ‘Wehyang.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(3):173–79. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i3.476.
Pratama, Gede Made Rama, and Saptono -. 2023. “Campuhan: A New Music Creation | Campuhan: Sebuah Musik Kreasi Baru.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(2):92–99. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.149.
Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020). Teknik Permainan Kendang Tunggal Pada Gamelan Bali. Pusat Penerbitan LP2MPP ISI Denpasar. http://repo.isi-dps.ac.id/3795/
Raka, I. Made Raka Adnyana, and Saptono -. 2022. “Karawitan Composition ‘Samsara’ | Komposisi Karawitan ‘Samsara.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(4):266–74. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1151.
Rama, Rama Widana, and Wardizal -. 2023. “Music Composition Magringsing | Komposisi Tabuh ‘Magringsing.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):299–306. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.463.
Rustika Manik, I. M. D., Sudiana, I. N., & Hartini, N. P. (2023). Wira Chandra New Music Creation | Musik Kreasi Baru Wira Chandra. GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 1(3), 204. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i3.383
Samego, Kadek, and Tri Haryanto. 2023. “Karawitan Composition Brama Rupa | Komposisi Karawitan Brama Rupa.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):281–89. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.480.
Santosa, H., Saptono, & Sutirtha, I. W. (2022). I Nyoman Windha Sang Maestro Karawitan Bali (Abdul (ed.)). Penerbit Adab. http://repo.isi-dps.ac.id/5100/