Music Creation Durmanggala | Tabuh Kreasi Durmanggala

Penulis

  • Putu Danendra Adi Bagaskara Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Saptono Seni Karawitan ISI Denpasar
  • I Ketut Partha Prodi Seni Karawitan, Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v4i1.3378

Kata Kunci:

Tabuh Kreasi, Gamelan Semarandhana, Durmanggala

Abstrak

Karya seni karawitan Tabuh Kreasi Durmanggala ini merupakan sebuah komposisi karawitan yang menggunakan gamelan Semarandana sebagai medium ekspresi. Tabuh Kreasi Durmanggala ini terinspirasi oleh isyarat fenomena alam yang terdapat dalam Lontar Roga Sanghara Bhumi, yaitu Durmanggala, yang terjadi di Desa Adat Kelan. Konsep dari karya ini mengadopsi struktur tri angga, yang tetap mempertahankan aspek-aspek tradisional. Aspek-aspek tradisional ini dikembangkan secara baik, termasuk dalam struktur gending dan teknik permainan, dengan memperhatikan unsur-unsur musikalitas seperti nada, melodi, ritme, tempo, harmoni, dan dinamika. Tabuh Kreasi Durmanggala ini tercipta karena mencakup empat aspek yang menjadi fokus dalam merancang karya baru, yaitu: aspek ide, aspek konsep, implementasi ide dan konsep ke dalam gamelan sebagai medium ekspresi, dan pertimbangan terhadap cita rasa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andika, I.W.A, Sudirga, I.K, Sudirana, I.W. 2022. Pengantar Komposisi Karawitan “Telung Benang”. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan Vol.2 No. 2.

Ardana, I Ketut. 2017. Metode Penciptaan Karya-Karya Baru Karawitan Bali. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Ardiana, Kadek Andi dan Suryatini, Ni Ketut. 2021. Pengantar Karya Seni Karawitan “Achromatic”. Ghurnita: Jurnal Seni Musik Vol. 01 No. 02.

Bandem, I Made. 2013. Gamelan Bali di Atas Panggung Sejarah. Denpasar: STIKOM Bali.

Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Kariasa, I. N., & Putra, I. W. D. (2021). Karya Karawitan Baru Manikam Nusantara. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 222–229.

Khan, Hazrat Inayat. 2002. Dimensi Mistik Musik dan Bunyi. Yogyakarta: Pustaka Sufi.

Kusumayana, I.G.W, Saptono. 2023. Tabuh Kreasi Bangsing Waringin. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan Vol. 3 No. 3.

Laksono, Y. T. (2017) “Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara”, Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), pp. 253–261.

Mayura, I.P.N.Y, Yulianti, N.K.D, Putra, I.M.D.A. 2022. Kreasi Musik Tirta Pemutih. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan Vol. 2 No. 4.

Pryatna, I. Putu Danika; Hendra Santosa. 2020. “Konsep Musikal Instrumen Kendang Dalam Gamelan Gong Kebyar Bali.” Resital: Jurnal Seni Pertunjukan 21(2):73–84. doi: 10.24821/resital.v21i2.4220.

Pryatna, I. Putu Danika, Hendra Santosa, and I. Komang Sudirga. 2020. “Permainan Kendang Bali.” Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni 15(2):90–100. doi: 10.33153/dewaruci.v15i2.2991.

Rudiana, I.P.O, Suryatini, N.K, Mawan, I.G. 2022. Komposisi Karawitan Jujug Luang. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan Vol. 2 No. 1.

Sandiawan, I. Kadek Deo, Hendra Santosa, and Ni Putu Hartini. 2022. “Komposisi Tabuh Kreasi Sekar Taji.” Journal of Music Science, Technology, and Industry 5(2):241–55. doi: 10.31091/jomsti.v5i2.2135.

Santosa, Hendra, Saptono, and I. Wayan Sutirtha. 2022. I Nyoman Windha Sang Maestro Karawitan Bali. edited by Abdul. Denpasar: Penerbit Adab.

Tim Penyusun. 2005. Alih Aksara dan Alih Bahasa Lontar Roga Sanghara Bhumi, Wasista Tattwa, Dewa Tattwa. Denpasar: Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Waisnawa, I Gede Bagus Yogi dan Muryana, I Ketut. 2023. Komposisi Musik “Kebyar Pitu”. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan Vol. 3 No. 1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-07

Terbitan

Bagian

Articles