Artikel Karawitan Composition Jujug Luang | Komposisi Karawitan Jujug Luang

Penulis

  • I Putu Oka Rudiana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Ketut Suryatini Program Studi Seni Karawitan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Gede Mawan Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i1.408

Kata Kunci:

Komposisi Musik, Karawitan, Semarandhana, Jujug Luang

Abstrak

Tujuan dari garapan karya Jujug Luang ini adalah dapat menjadi motivasi pada suatu proses penciptaan karya seni komposisi karawitan yang dapat menginspirasi dalam hal berkesenian serta menjadi media olahrasa dan olah estetika dalam suatu proses penciptaan karya seni karawitan. Garapan ini dilatarbelakangi oleh keinginan penata untuk mentransformasikan prosesi upacara Melasti, Tawur, Nyepi, dan Ngembak Geni ke dalam musikal dengan menggunakan komposisi tabuh kreasi gamelan Semarandhana sebagai bentuk penciptaan karya kreatif musik Bali melalui proses yang menuntut kecakapan dan ketrampilan serta motivasi untuk melakukan pembaharuan terhadap tradisi. Tahapan proses dalam karya tabuh kreasi ini yaitu tahap penjajagan (Eksplorasi), tahap percobaan (Improvisasi), dan tahap pembentukan (Forming). Garapan ini menggunakan struktur tabuh kreasi diantaranya (1) pengawit yang mendeskripsikan suasana prosesi melasti, (2) gegenderan yang mendeskripsikan melasti dengan mengaktualisasikan suasana ombak, (3) bapang mendeskripsikan Tawur dan (4)pengecet mendeskripsikan Ngembak Geni.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dewantara, I. P. G. E. P., Suartaya, K. and I Ketut Garwa (2021) ‘Sangkameteng Karawitan Composition | Komposisi Karawitan Sangkameteng’, GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 01(01), pp. 47–55. Available at: https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/212.

Djelantik (1999) ‘Estetika Sebuah Pengantar’, in. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Garwa, I. K. (2006) ‘Skin Rhythm’, Bheri Jurnal Ilmiah Musik Nusantara, vol.5(vo.5 no.1 September 2006).

Gita (2021) ‘Musical Composition “Sedimentasi”’, Ghurnita Jurnal Seni Karawitan.

Hawkins, A. M. (1990) Mencipta Lewat Tari Yang Dialihbahasakan Oleh Y. Sumandiyo Had. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Saba (2009) ‘Mulat Sarira Karya Komposisi Karawitan’, Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya.

Sugiartha, I. G. A. (2012) Kreativitas Musik Bali Garapan Baru Perspektif Cultural Studies. Denpasar: Institut Seni Indonesia Denpasar.

Sugimin (2015) ‘Garap Kebar Dalam Karawitan Jawa’, Jurnal Penelitian Seni Budaya, 7(2), pp. 192–201.

Sukerta, P. (1998) Ensiklopedia Mini Karawitan Bali. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia dengan The Ford Foundation.

Suneko, A. (2016) ‘Pyang Pyung: Sebuah Komposisi Karawitan’, Resital Jurnal Seni Pertunjukan.

Warisan (2009) ‘Komposisi Karawitan “Dinamika Rumah Tangga”’, Resita Jurnal Seni Pertunjukan.

Warna, I. W. (1998) Kamus Bali-Indonesia. Denpasar: Dinas Pendidikan Dasar Provinsi Bali.

Winda, I. N. (1985) Aspek-aspek Penggarapan Karawitan Bali di ASTI. Denpasar: Akademi Seni Tari Indonesia Denpasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-07

Terbitan

Bagian

Articles