PEMBELAJARAN MANAJEMEN PERTUNJUKAN VIRTUAL PADA PEMENTASAN TEATER DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Penulis

  • Syifa Nisaburi Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Wayan Suratni Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Made Liza Anggara Dewi Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/pensi.v3i2.1446

Kata Kunci:

pembelajaran, manajemen, pertunjukan, virtual

Abstrak

Peran manajemen sangatlah penting terutama dalam pemrogaman berbagai kegiatan bertujuan, tidak terkecuali kegiatan kesenian. Manajemen seni pertunjukan berfungsi untuk mengelola suatu produksi pertunjukan yang biasanya mendatangkan penonton. Namun karena Pandemi Covid-19 ini pembatasan sosial di masyarakat masih berlaku maka seni pertunjukan dialihkan ke virtual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pembahasan yakni: karakteristik teater di SMA Negeri 3 Yogyakarta dan proses pembelajaran manajemen pertunjukan virtual. Hasil dari penelitian ini yaitu karakteristik teater Jubah Macan dengan tim produksinya dalam pengelolaan pertunjukan virtual kegiatan ekstrakurikuler teater di SMA Negeri 3 Yogyakarta yang menggunakan Zoom meetings dan LINE sebagai sarana komunikasi online. Proses pengorganisasian dalam manajemen pertunjukan virtual melalui YouTube yang platform ini sangat praktis, efektif, dan didesain secara khusus untuk berbagi video.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-29

Cara Mengutip

Nisaburi, S., Suratni, N. W. . ., & Dewi, N. M. L. A. . (2023). PEMBELAJARAN MANAJEMEN PERTUNJUKAN VIRTUAL PADA PEMENTASAN TEATER DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA . PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 3(2), 127–138. https://doi.org/10.59997/pensi.v3i2.1446