PEMBELAJARAN TARI PENDET PEMENDAK PUSPA HREDAYA MENGGUNAKAN METODE PENGUATAN DASAR TARI DI SMP SWASTIKA KAPAL

Penulis

  • Ni Putu Ayu Villa Valentina Pendidikan Seni Petunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Wayan Mudiasih Pendidikan Seni Petunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Wayan Iriani Pendidikan Seni Petunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/pensi.v3i1.2081

Kata Kunci:

Tari Pendet Pemendak Puspa Hredaya hanya bisa dipentaskan dalam upacara keagamaan karena bukan digolongkan sebagai tari hiburan

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Pembelajaran Tari Pendet Pemendak Puspa Hredaya di SMP Swastika Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Pada proses pembelajaran ini menggunakan metode penguatan dasar tari. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana sebagian besar data yang diperoleh dideskripsikan berupa kata-kata baik dari data tertulis dalam buku, hasil wawancara, ataupun kejadian dilapangan. Jenis data penelitian ini diperoleh dari dua sumber yaitu primer yang didapatkan langsung dilapangan, dan data sekunder yang merupakan data pendukung berupa buku, jurnal, skripsi, serta data penunjang lainnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa materi pembelajaran tari Pendet Pemendak Puspa Hredaya di SMP Swastika Kapal mencakup wiraga, wirama, dan wirasa. Proses pembelajaran Tari Pendet Pemendak Puspa Hredaya melalui empat tahapan yaitu tahapan persiapan, tahapan penyampaian, tahapan pelatihan, dan tahapan penampilan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

Valentina, N. P. A. V., Mudiasih, N. W. ., & Iriani, N. W. (2023). PEMBELAJARAN TARI PENDET PEMENDAK PUSPA HREDAYA MENGGUNAKAN METODE PENGUATAN DASAR TARI DI SMP SWASTIKA KAPAL. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.59997/pensi.v3i1.2081