Pelatihan Lagu Wajib Nasional dan Teknik Vokal sebagai Penguat Rasa Kebangsaan MGMP Seni Budaya SMP Kota Denpasar

Authors

  • Ni Wayan Ardini Institut Seni Indonesia Bali
  • I Komang Darmayuda Institut Seni Indonesia Bali
  • Ketut Sumerjana Institut Seni Indonesia Bali
  • Ni Luh Sustiawati Institut Seni Indonesia Bali
  • Putu Gde Chaksu Raditya Uttama Institut Seni Indonesia Bali
  • I Gede Awangga Surya Putra Winata Institut Seni Indonesia Bali

DOI:

https://doi.org/10.59997/awjpm.v4i2.6034

Keywords:

lagu wajib nasional, teknik vokal, rasa kebangsaan, sekolah menengah pertama

Abstract

Kesadaran dan minat siswa SMP di Denpasar terhadap lagu wajib nasional menurun akibat berbagai faktor. Menanggapi hal ini, Tim Pengabdian kepada Masyarakat ISI Bali melaksanakan pelatihan “Lagu Wajib Nasional dan Teknik Vokal sebagai Penguat Rasa Kebangsaan” di SMP Negeri 6 Denpasar selama empat bulan (Agustus–November 2025). Metode yang digunakan meliputi workshop, diskusi sejarah dan nilai kebangsaan, praktik langsung, serta evaluasi dengan strategi Component Display Theory (CDT) yang terdiri dari fase presentasi, praktik, dan uji unjuk kerja. Hasil kegiatan meliputi peningkatan kemampuan guru dalam teknik vokal lagu wajib nasional, publikasi artikel ilmiah, modul pelatihan teknik vokal, video dokumentasi pelatihan, dan penguatan jaringan MGMP seni budaya antar guru. Implikasi kegiatan ini adalah terbangunnya fondasi berkelanjutan untuk program kebangsaan berbasis seni musik serta tersedianya laporan dan publikasi sederhana sebagai penunjang keberlanjutan program.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] I. Muslim, M. S. Haq, S. Trihantoyo, A. Khamidi, dan K. Amalia, "Pengaruh lagu-lagu nasional terhadap nasionalisme peserta didik di sekolah Indonesia Riyadh," Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol. 14, no. 2, pp. 3119-3128, 2025.

[2] M. Satyadharma, M. Mahdar, H. Hado, P. H. Asis, S. S. Kasim, dan M. F. Almaliki, "Penguatan Rasa Nasionalisme dan Semangat Kebangsaan bagi Generasi Muda," SMART HUMANITY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 3, pp. 131–140, 2024.

[3] Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

[4] H. Hartini dan T. H. E. Yunianto, "Peran lagu wajib nasional 'Bagimu Negeri' dalam implementasi pembelajaran karakter siswa sekolah dasar," ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, vol. 1, no. 2a, 2017.

[5] B. I. Printina, "Strategi pembelajaran sejarah berbasis lagu-lagu perjuangan dalam konteks kesadaran nasionalisme," Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, vol. 7, no. 01, 2017.

[6] T. N. Anisah, R. A. Putra, G. Ernestivita, dan B. Setyanta, "Peran milenial dan Gen Z dalam mendorong kewirausahaan di Indonesia: Analisis teori SCT dalam konteks pengasuhan otoritatif," ProBank, vol. 9, no. 1, pp. 36-50, 2024.

[7] E. R. Wulandari dan R. P. Mustikasari, "Pemaknaan musik indie di kalangan Gen Z dalam perspektif teori Osgood," JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 7, no. 10, pp. 11645-11651, 2024.

[8] D. Nabawi, H. Hamira, A. K. Najib, dan A. Yanovi, "Analisis motivasi kerja Gen Z dengan landasan teori atribusi: Studi tinjauan literatur di Indonesia," Balance: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, vol. 4, no. 3, pp. 1512-1520, 2025.

[9] D. G. Satriawan, "Strategi pembangunan manusia menyongsong puncak bonus demografi di Indonesia (Studi kasus di Kota Denpasar, Provinsi Bali)," Widya Amerta, vol. 11, no. 2, pp. 31-45, 2024.

[10] N. L. Sustiawati, "Pengembangan manajemen pelatihan seni tari multikultural berpendekatan silang gaya tari bagi guru seni tari sekolah menengah pertama negeri di Kota Denpasar," Disertasi Doktor, Universitas Negeri Malang, 2008.

[11] M. D. Merrill, "Component display theory," in Instructional-design theories and models: An overview of their current status, vol. 1, pp. 282-333, 1983.

[12] M. P. Siagian, Indonesia yang kucinta. Musik Indonesia, 1975.

[13] R. Gusmanto, Modul Melodi & Rhythm. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh, 2020.

[14] V. B. Gemilang, I. Sabri, S. Yanuartuti, H. Supratno, dan A. Juwariyah, "Pembelajaran Kreatif Unsur Musik Dasar Pada Anak Dengan Memanfaatkan Media Digital 'Chrome Music Lab'," Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, vol. 7, no. 2, pp. 211-221, 2023.

[15] A. M. Kusuma, "Integrasi Unsur Musik dalam Pembelajaran: Studi Kasus Kelas Foundation of Music (FOM) di Sekolah Musik Indonesia Semarang," Cantata Deo: Jurnal Musik dan Seni, vol. 3, no. 1, pp. 55-70, 2025.

Downloads

Published

2025-10-10

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.