Karawitan composition “Balengku” | Komposisi Karawitan Inovatif “Balengku”

Penulis

  • I Komang Widiartha ISI Denpasar
  • Ni Putu Tisna Andayani Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i2.1194

Kata Kunci:

Gamelan Klentang, Musik Inovatif, Balengku, Lombok

Abstrak

Balengku merupakan sebuah komposisi musik inovatif dengan mengembangkan dua budaya yang berbeda. Komposisi ini tercipta dan terinspirasi dari proses akulturasi kebudayaan yang ada di Lombok. Karya Balengku ini dituangkan ke dalam media gamelan klentang sebagai instrumen pokok dan menambahkan beberapa instrumen gamelan yang terdapat pada barungan gamelan gong kebyar. Kedua instrumen tersebut digabungkan untuk merealisasikan konsep akulturasi sebagai sumber ide dalam garapan ini. Komposisi ini diwujudkan menggunakan struktur Tri Angga dan juga memberikan sentuhan dengan struktur gending yang ada di Lombok. Komposisi Balengku ini, diciptakan  menggunakan metode kualitatif melalui proses observasi, wawancara, dan juga studi kepustakaan, kemudian pada proses penuangan ide dilakukan dengan menggunakan tahap eksplorasi, tahap improvisasi dan tahap pembentukan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Pradana, K. A. W., & Garwa, I. K. (2021). Samirata a Musical Art Composition Creative Percussion | Samirata: Sebuah Karya Komposisi Seni Karawitan Tabuh Kreasi. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan, 01(03), 145–151. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/355

Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020). Permainan Kendang Bali. Dewaruci, 15(2), 90–100. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v15i2.2991

Purnayasa, I. M. R., & Santosa, H. (2022). The Tran sformation of Wargasari’s Kidung i nto Composition “Wehyang.” 2(3), 173–179. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/476

Santosa, H. (2005). Pengetahuan Multimedia Jilid 1.

Santosa, H. (2019). Mredangga: Perubahan dan Kelanjutannya. Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar.

Sasmanda, S., Program, D., Pendidikan, S., Program, D., Pendidikan, S., Mataram, U. M., & Sasak, M. (2014). AKULTURASI ISLAM DALAM BUDAYA TRADISI M ERARIQ MASYARAKAT SASAK DI DESA SELEBUNG KECAMATAN JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN 2014. 10(2), 31–42.

Suneko, A. (2016). Pyang Pyung: Sebuah Komposisi Karawitan. Resital Jurnal Seni Pertunjukan.

Widiana, I. W. P. (2019). Karakteristik Gamelan Selonding Bebandem Dan Selonding Tenganan “Studi Komparasi Intramusikal.” Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(1), 61–72. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i1.637

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-13

Terbitan

Bagian

Articles