Aesthetics Of Gamelan Geguntangan in Bali | Estetika Gamelan Geguntangan di Bali

Penulis

  • I Made Dwi Andika

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v4i3.4297

Kata Kunci:

estetika, bobot, dan Roh Gamelan Geguntangan.

Abstrak

Topik yang difokuskan pada tulisan ini adalah estetika Gamelan Geguntangan di Bali. Gamelan Geguntangan menjadi objek material penelitian ini, sementara objek formalnya adalah estetika yang terkandung di dalamnya. Gamelan Geguntangan adalah salah satu varian gamelan yang masih ada di Bali hingga dewasa ini, dan merupakan warisan seni budaya Bali yang adiluhung. Gamelan Geguntangan memiliki suatu daya tarik tersendiri karena sering difungsikan untuk menyertai vokal yang dibawakan oleh penari Arja maupun oleh sekaa-sekaa pesantian yang ada di berbagai daerah di Bali. Dasar pemahaman awal estetika ini adalah bagaimana penulis dapat merasakan bobot yang terkandung dalam Gamelan Geguntangan, dan penulis mengharapkan dapat memiliki kesempatan untuk menggarap sebuah komposisi dengan media Gamelan Geguntangan, namun tidak mengurangi estetika yang ada di dalamnya. Sifat dasar estetis seperti kesatuan, penonjolan, dan keseimbangan sesuai dengan pandangan Djelantik, juga dijadikan acuan untuk mengetahui estetika Gamelan Geguntangan selain bobot yang terkandung di dalamnya. Studi tentang salah satu varian gamelan Bali ini bertujuan untuk memahami Gamelan Geguntangan secara substansial, mengetahui secara mendalam perubahan Gamelan Geguntangan dan esensi estetika di dalamnya. Hasil yang didapat melalui studi atau tulisan ini adalah estetika Gamelan Geguntangan terletak pada salah satu instrumen pentingnya yaitu instrumen Guntang, karena Roh Gamelan Geguntangan terletak pada instrumen itu sendiri.

Unduhan

Referensi

Candri, Ni Wayan. 2018. Tari Arja dan Fenomenanya. Denpasar

Djelantik, A. A. M. 2008. Estetika Sebuah Pengantar.Jakarta: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI).

Dibia, I Wayan. 1977. Pengantar Karawitan Bali. Denpasar: Proyek Peningkatan dan Pengembangan ASTI Denpasar.

Dibya, I Wayan. 1979. Pengetahuan Karawitan Bali. Denpasar: Akademi Seni Tari Indonesia Denpasar.

Dibia, I Wayan. 2012. Geliat Seni Pertunjukan Bali. Denpasar: Widya Pataka Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Bali.

Wicaksandita, I. D. K., Sariada, I. K., & Santosa, H. (2020). Estetika Adegan Bondres Wayang Tantri oleh Dalang I Wayan Wija. Panggung, 30 (1), 17-34. https://doi.org/10.26742/panggung.v30i1.1146

Diterbitkan

2024-09-10

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.