New Creation Music Jaladi Merta Ayu | Tabuh Kreasi Baru Jaladi Merta Ayu

Penulis

  • Agus Ari Pratama Yoga Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i2.466

Kata Kunci:

Jaladi Merta Ayu, Gong Kebyar, Pola Baru, Pantai Sanur, Suling Merdu

Abstrak

Karya komposisi karawitan tabuh kreasi yang berjudul “Jaladi Merta Ayu” ini merupakan karya komposisi baru atau karya komposisi karawitan tabuh kreasi yang menawarkan atau menonjolkan gagasan baru, bersifat kekinian, dan meningkatkan originalitas. Pencipta berimajinasi dengan mengangkat sebuah komposisi karawitan bali secara sistematis yang sumber inspirasinya didapat dari indahnya fenomena serta keseharian pantai Sanur dari pagi hari sebelum matahari terbit hingga malam hari ramai akan parawisatan yang berkunjung baik penduduk lokal ataupun warga negara asing sehingga memicu pencipta untuk menjadikannya sebagai garapan karya seni tabuh kreasi baru. Pencipta ingin karya tabuh kreasi ini dapat memberikan suasana serta kesan-kesan baru, untuk mewujudkan karya tabuh kreasi ini pencipta mengolah berbagai pola permainan yang sudah ada menjadi pola permainan baru yang sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak lepas kontrol dari poin-poin yang terkandung sebelumnya. Karya seni tabuh kreasi “Jaladi Merta Ayu” ini menggunakan struktur kawitan, pengawak, pengiba, pengecet. Pemilihan seperangkat gamelan yakni barungan gamelan gong kebyar, garapan ini setiap bagiannya dengan pengolahan pola-pola permainan baru berbau kekinian, pola permainan melodi suling yang merdu sesuai dengan yang pencipta sudah rancang berdasarkan konsep yang digunakan serta dapat mengolah unsur-unsur musik seperti dinamika (aes-uncab) dan temponya. Tabuh kreasi ini disetiap bagiannya terdapat ending-ending yang terjadi pada saat keseharian pantai sanur yaitu pada bagian satu dipagi hari, bagian dua disiang hari, bagian tiga disore hari, bagian empat dimalam hari dengan ending yang paling ditunggu-tunggu yaitu keindahan sang bulan purnama menyinari malam pantai Sanur. Dengan hal tersebut pencipta berharap agar tabuh kreasi ini bisa menjadi salah satu contoh yang layak untuk dinikmati dan ditekuni.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A.A.M.Djelantik. (2004). Estetika Sebuah Pengantar (2nd ed.). Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MPSI).

Ardana, I. K. (2017). Metode Penciptaan Karya-Karya Baru Karawitan Bali. In Yudiaryani, B. Pudjasworo, H. B. Prasetya, & I. W. Senen (Eds.), Karya Cipta Seni Pertunjukan (pertama, pp. 345–363). JB Publisher bekersama dengan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta.

Bandem, I. M. (2013). Gamelan Bali Di Atas Panggung Sejarah. STIKOM BALI.

Gita, G. R. S., & I Ketut Sudhana. (2021). Pengantar Karya Komposisi Karawitan “Tirtha Nadi.” Jurnal Ghurnita, 01, 75–83.

Hawkins, A. M. (1990). Creating Through Dance (S. Hadi (ed.); Terjemahan). Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

I Made Doni Trisnajaya, I Ketut Adi Purnawan, K. S. W. (2015). Gamelan Gong Kebyar, Gong Kempur, Jegogan dan Petuk Berbasis Android. 3, 96–107.

IGA Gede Oka Gautama, N. S. (2005). Evaluasi Perkembangan Wisata Bahari Di Pantai Sanur.

Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020a). Permainan Kendang Bali. Dewaruci, 15(2), 90–100. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v15i2.2991

Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020b). TEKNIK PERMAINAN KENDANG TUNGGAL PADA GAMELAN BALI. Pusat Penerbitan LP2MPP ISI Denpasar. http://repo.isi-dps.ac.id/3795/

Sadguna, I. G. M. I., & Sutirtha, I. W. (2015). Genggong Dalam Karawitan Bali: Sebuah Kajian Etnomusikologi. Segara Widya: Jurnal Penelitian Seni, 3.

Sanjaya, I. K. T., & I Nyoman Kariasa. (2021). Pengantar Musik Kontemporer “Ngegong.” Ghurnita, 01(01), 11–19. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/141

Santosa, H. S. (2016). Gamelan Sistem Sepuluh Nada dalam Satu Gembyang untuk Olah Kreativitas Karawitan Bali. Pantun, 1(2), 85–96. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/pantun/article/view/747

Sugiartha, I. G. A. (2012). Kreativitas Musik Bali Garapan Baru Perspektif Cultural Studies. Institut Seni Indonesia Denpasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-23

Terbitan

Bagian

Articles