FENOMENA LATAH SOSIAL DALAM PEMBUATAN KONTEN VISUAL DI ERA INDUSTRI KREATIF DIGITAL

Authors

  • I Kadek Jayendra Dwi Putra Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Desain dan Bisnis Bali (IDB Bali)
  • Ni Ketut Pande Sarjani Sarjani Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/amarasi.v3i01.1040

Keywords:

Latah Sosial, Konten Visual, Industri Kreatif Digital

Abstract

Industri Kreatif Digital adalah Platform Online yang menyediakan tempat untuk berinteraksi dengan tujuan memperoleh keuntungan. Industri tersebut merupakan pilihan yang cukup diminati oleh masyarakat dewasa ini. hanya dengan modal kreatifitas, setiap elemen masyarakat bisa terjun didalam industri kreatif digital. Potensi pasar yang besar dan pekerjaan yang fleksibel, menyebabkan munculnya banyak kreator yang bekerja pada industri tersebut. Penelitian pada kasus ini menggunakan metode kualitatif guna mendapatkan data secara faktual dan aktual, yang digunakan untuk analisis pada permasalahan utama dalam penelitian ini. Perkembangan yang pesat dan cepat dalam industri kreatif digital, menyebabkan munculnya fenomena latah sosial, dimana fenomena ini menghasilkan karya-karya yang sifatnya repetisi atau pengulangan. Penciptaan karya visual tidak lagi berbasis pada inovasi melainkan pada viral dan profit, sehingga menurunkan kualitas konten-konten visual yang muncul pada indrustri kreatif digital dewasa ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, Pratiwi. “Warganet meningkat, Indonesia Perlu Perlu Tingkatkan Nilai Budayadi Internet” https://aptika.kominfo.go.id. Diakses pada jumat 21 januari 2022. https://aptika.kominfo.go.id/2021/09/wargan et-meningkat-indonesia-perlu-tingkatkan- nilai-budaya-di-internet/.

Moleong, J,Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.

Pranita, Ellyvon, dan Bestari Kumala Dewi. “Viral NFT Foto Selfie Ghozali Terjual Miliaran Rupiah, Mengapa Orang Tertarik Membeli” https://www.kompas.com/. Diakses pada jumat 21 januari 2022.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/0 1/14/083000823/viral-nft-foto-selfie- ghozali-terjual-miliaran-rupiah-mengapa- orang?page=all.

Riyanto, Galuh Putri, dan Wahyunanda Kusuma Pertiwi. “Pecahkan Rekor, Transaksi NFT di OpenSea Tembus Rp 55 Triliun” https://tekno.kompas.com/. Diakses pada kamis 20 januari 2022. https://tekno.kompas.com/read/2022/01/20/0 9310007/pecahkan-rekor-transaksi-nft-di- opensea-tembus-rp-55-triliun?page=all.

Sunarto. “Pengembangan Kreatifitas- Inovatif Dalam Pendididkan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi”. JURNAL REFLEKSI EDUKA TIKA, 8 (2) (2018):108

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

Putra, I. K. J. D. ., & Sarjani, N. K. P. S. (2022). FENOMENA LATAH SOSIAL DALAM PEMBUATAN KONTEN VISUAL DI ERA INDUSTRI KREATIF DIGITAL. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 3(01), 9–15. https://doi.org/10.59997/amarasi.v3i01.1040

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.