Desain Komunikasi Visual sebagai Media Promosi Kerajinan Koran “Linting Paper” dari Narapidana di Rutan Gianyar
Main Article Content
Abstract
Di Rutan Gianyar ada kerajinan koran yang bernama “Linting Paper” yang di buat oleh para narapidana yang ada disana, kerajinan tersebut memiliki keunikan tersendiri karena motifnya terbuat dari warna kertasnya bahkan tulisan-tulisan yang ada dikoran tersebut masih kelihatan. Akan tetapi kerajinan koran yang dibuat oleh narapidana tersebut belum dikenal oleh masyarakat sehingga perlu dipromosikan. Melihat permasalahan tersebut akhirnya penulis merancang penelitian mengenai permasalahan publikasi, untuk membantu mempromosikan kerajinan koran dari narapidana di Rutan Gianyar, maka diperlukan peranan dari media promosi. Metode pengumpulan data dalam perancangan promosi ini adalah melalui metode kualitatif yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan untuk Metode analisis data yang di pakai adalah metode Analisis SWOT. Konsep yang digunakan dalam perancangan media promosi kerajinan "Linting Paper" adalah simple modern, konsep simple modern artinya selalu mengikuti perkembangan jaman, dengan gaya yang simple agar mudah diterima dan menarik masyarakat untuk datang membeli kerajinan "Linting Paper". Hasil dari perancangan promosi Linting Paper adalah Logo/GSM, T-Shirt, Stiker, Tote Bag, Spanduk, X-Banner, Facebook Banner, Instagram, dan Flyer.
Downloads
Article Details
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Alwi, Hasan. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kertamukti, Rama. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Udayana, A.A. Gde Bagus. (2016). “Membongkar Ideologi di Balik Produksi dan Implikasi Media Promosi Pariwisata Budaya di Bali”. Disertasi. Denpasar: Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia.
Buana, I Nyoman Tri Oka. (2018). Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Potensi Desa Beng di Gianyar. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia, Denpasar.
Sumber Internet:
Anonim. (18 Desember 2020). Analisis Data. Retrieve from: http://ahlianalisadata.blogspot.co.id/.
Anonim. (18 Desember 2020). Konsep. Retrieve from: https://id.wikipedia.org/wiki/Konsep.
Anonim. (18 Desember 2020). Desain Modern. Retrieve from: https://dgi.or.id/read/observation/dekaveberkomunikasi-lewat-tanda-visual.html.
Anonim. (18 Desember 2020). GSM. Retrieve from: https://kreativv.com/creativepreneurcareer/graphic-standard-manual/
Anonim. (18 Desember 2020). X-Banner. Retrieve from: http://sniperdigital.blogspot.co.id/2012/02/xbanner.html.
Ebta Setiawan. (18 Desember 2020). Demografi. Retrieve from: https://kbbi.web.id/demografi.
Ebta Setiawan. (18 Desember 2020). Stiker. Retrieve from: https://kbbi.web.id/stiker.
Ebta Setiawan. (18 Desember 2020). Spanduk. Retrieve from: https://kbbi.web.id/spanduk.