Penggunaan Lensa Prime Dalam Portfolio Foto Dokumentasi Projek Wita Media
DOI:
https://doi.org/10.59997/rjf.v4i2.3466Kata Kunci:
dokumentasi, lensa prime, portfolio, Wita MediaAbstrak
Dalam dinamika industri fotografi, Selain kemampuannya dalam mengatasi kondisi pencahayaan minim, lensa prime juga dikenal karena kemampuannya menciptakan efek blur atau bokeh yang mengesankan. Pemahaman mendalam tentang penggunaan lensa prime dalam penciptaan portofolio foto dokumentasi sangatlah penting. Seiring dengan lingkungan industri fotografi yang dinamis, penggunaan lensa prime menjadi tidak hanya sebuah kebutuhan, tetapi juga sebuah keharusan. Tujuan dari penulisan ini adalah (1) mengidentifikasi kemampuan khusus lensa prime dalam menangkap detail pada kondisi minim cahaya untuk meningkatkan kualitas portfolio foto dokumentasi; (2) mengevaluasi kontribusi seni bokeh dari lensa prime dalam meningkatkan kualitas portfolio dokumentasi foto event; (3) menemukan dan mengatasi tantangan utama yang dihadapi dalam penggunaan lensa prime untuk dokumentasi acara guna memaksimalkan keunggulan teknisnya. Metode dilakukan dengan lensa prime dengan efek bokeh dan menghasilkan lima belas karya foto pada kondisi dengan minim cahaya dan momen yang berbeda serta memberikan kontribusi yang substansial terhadap pemahaman penulis mengenai penggunaan lensa prime dalam proses pembuatan portfolio foto event. Kesimpulan yang diambil adalah melalui eksplorasi dan pengalaman dalam magang di WITA MEDIA, telah terbukti bahwa penggunaan lensa prime memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas dokumentasi acara, terutama dalam kondisi minim cahaya. Lensa prime memiliki kemampuan unggul dalam menangkap detail yang halus dan mempertahankan kejelasan gambar, menghasilkan foto yang lebih tajam dan jernih dibandingkan dengan lensa lain dalam kondisi pencahayaan yang minim.
Unduhan
Referensi
Alhassan, S. W. (2020). Understanding Event Photography as a Documentary Medium: A Study of Local Festivals in Ghana. Toward a Rastafari Woman’s Studies, 14(6), 8.
Ambarsari, R. (2014). Buku Pintar Fotografi: Food Photography fot Everyone. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Bonafix, D. N., & Hartono, H. (2014). Perayaan Sejit Kongco Ceng Gwan Cin Kun di Kelenteng Tek Hay Kiong dalam Kacamata Fotografi. Humaniora, 5(2), 1098–1113.
Farozi, R. K. (2020). Analisis Semiotika Foto Lingkungan Hutan Dalam Buku Before Too Late Sumatra Program Studi Jurnalistik Hidayatullah Jakarta 2020 M 1440 H. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Karyadi, B. (2017). Fotografi: Belajar Fotografi. In 2017. Bogor: NahlMedia.
Manullang, R., Pohan, S., & ... (2022). Analisis Modal Kerja Pada UD Mak Delpi Lubuk Tukko Kabupaten Tapanuli Tengah. Journal of …, 1(4), 42–55. https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/Jimas/article/view/52%0Ahttps://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/Jimas/article/download/52/47
Pranoto, D. W., Apriyanto, M. F., & Samaratungga, O. (2021). Produk Kulit Desraftsman Dalam Fotografi Komersial. Specta, 8(5), 133–143.
Rachman, R. (2018). Kegiatan Promosi Desa Wisata Banyubiru dalam Menarik Minat Wisatawan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Raharjo, A., & Adityasmara, F. (2023). Penerapan Metode Edfat Pada Fotografi Dokumentasi Pesta Kesenian Bali 2022. Retina Jurnal Fotografi, 3(1), 106–117.
Safira, A. N., Dwiyanti, S., Megasari, D. S., & Puspitorini, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Makeup Artist (MUA) Hits Di Indonesia dalam Menjalankan Usaha Di Bidang Jasa Makeup. E-Journal, 2(10), 165–176.
Suparwoto. (2017). Akrab Eksplorasi Angle Camera Dalam Produksi Feature “Gir Pasang.” Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB, 6(2), 98–109.
Syafriyandi, Riana, I., & Darmanto, N. (2021). Pembuatan Portfolio Digital Representatif Pada Mahasiswa/i Pada Program Studi Fotografi Politeknik Negri Media Kreatif. Jurnal Ilmiah Publipreneur, 9(1), 1–9. https://journals.ekb.eg/article_243701_6d52e3f13ad637c3028353d08aac9c57.pdf
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 I Nyoman Putra Pramana, I Made Gede Arimbawa, I Made Saryana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.