Pengenalan Bounty Group Melalui Magazine Dalam Fotografi Dokumenter

Penulis

  • Fadhilatun Niswah Institut seni Indonesia Denpasar
  • I Made Saryana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Bayu Pramana Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v4i1.3527

Kata Kunci:

promosi, bounty group, fotografi dokumenter, magazine

Abstrak

Bounty Group merupakan salah satu perusahaan swasta yang ada di Bali. Bounty Group bergerak dibidang pariwisata, penyedia layanan barang dan jasa, restaurant, dan daily night club. Perusahaan ini memiliki beberapa strategi pemasaran untuk mempromosikan keunggulan mereka. Promosi tersebut dilakukan dengan dua cara, yakni: melalui media digital pada beberapa platform dan juga secara langsung dengan mengikuti table top. Table top merupakan ajang promosi perusahaan dengan bahan promosi berupa flyer dan brosur, permasalahan yang sering ditemukan oleh pengunjung ialah ketidak lengkapan informasi yang mereka dapatkan melalui flyer dan brosur. Dengan adanya kekurangan tersebut maka penulis menciptakan media baru untuk berpromosi. Media tersebut berupa media massa cetak, yaitu magazine. Magazine tersebut memuat konten yang berisikan keunggulan lokasi, barang, makanan dan minuman, pelayanan, dan juga jasa dari setiap outlet yang Bounty Group pimpin. Selanjutnya, metode yang digunakan penulis dalam proses penciptaan yaitu metode EDFAT yang diperkuat dengan teori estetika tataran ideasional dan estetika tataran teknikal. Metode tersebut digunakan oleh penulis untuk menjadi pedoman dalam menghasilkan karya. Karya yang ada divisualkan melalui fotografi dokumenter. Fotografi dokumenter dipilih agar pembaca dapat dengan mudah memahami isi dari foto yang diciptakan. Melalui fotografi dokumenter yang dikemas dalam bentuk magazine, penulis dapat menciptakan media promosi yang menarik dan berkualitas. Sehingga, Bounty Group dapat meningkatkan citra dan keberadaan mereka di pasar, serta memberikan nilai tambah kepada konsumen dengan menampilkan konten yang berkualitas dan informasi yang lebih detail dana jelas. Hal ini juga dapat membantu perusahaan untuk memperluas pasar mereka dan meningkatkan keuntungan mereka di industri yang semakin kompetitif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya, N. S., & Cokorda, I. P. N. (2021). Pesona Jember dalam fotografi landscape. Retina Jurnal Fotografi, 1(2), 58-68.

Antopani, Tendi. 2015. Fotografi, Pariwisata, dan Media Aktualisasi Diri. Jurnal Rekam Vol.11 No.1.(hlm.33). Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Dharsono. 2004 . Seni Rupa Modern, Rekayasa Sains, Bandung.

Faza, S. S. (2019). Fotografi Dokumenter “Surabi” melalui Metode EDFAT1. PANTUN: Jurnal Ilmiah Seni Budaya, 4(1).

Hendri, F., Ida, B. C. Y., & Cokorda, I. P. N. (2022). Eksistensi Taman Hutan Raya Ngurah Rai dalam fotografi dokumenter. Retina Jurnal Fotografi, 2(2), 163-176.

Herlina, Y. (2003). Kreativitas dalam seni fotografi. Nirmana, 5(2).

Kurniawansyah, H. (2020). APPLIED FOOD PHOTOGRAPHY FOR GOODFELLAS RESTO WITH STILL LIFE APPROACH. Arty: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 11-32.

Octabelina, R. (2021). Peran Promosi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Bagi Perkembangan Bisnis Pariwisata. MANNERS, 4(2), 142-154.

Permatasari, D. (2012). LKP: Pembuatan Desain dan Tata Letak Halaman Pada Majalah Zigma (Doctoral dissertation, STIKOM Surabaya).

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Pusporini, T. (2009). Analisis Semiotika Rubrik Fashion Style Majalah Kawanku

Putra, G. L. A. K., & Yasa, G. P. P. A. (2019). Komik sebagai sarana komunikasi promosi dalam media sosial. Jurnal nawala visual, 1(1), 1-8.

Rachmanto, A. D. (2018). Implementasi augmented reality sebagai media pengenalan promosi universitas nurtanio bandung menggunakan unity 3d. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(1).

Ramli, M. R. (2020). Analisis Semiotika Sampul Depan Majalah Tempo Edisi 9–15 Maret 2020. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(02).

Saputra, A., Rahmawati, R., Ismail, H., Rakhmat, R., & Santoso, H. (2023). Strategi Promosi Produk Rahn pada BMT di Era Pandemi Covid 19:(Studi di BMT Mita Sejahtera Mandiri Bumi Nabung). Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah, 49-63.

Soedjono, Soeprapto. 2007. Pot-Pourri Fotografi. Jakarta: Universitas Trisakti.

Sugiarto, Atok. 2005. Paparazzi – Memahami Fotografi Kewartawanan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Susanti, I. (2021). Membaca Makna Karya Fotografi Dokumenter. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 23(1), 202-216.

Wijaya, T. (2014). Foto Jurnalistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-27

Cara Mengutip

Niswah, F., Saryana, I. M., & Pramana, I. M. B. (2024). Pengenalan Bounty Group Melalui Magazine Dalam Fotografi Dokumenter. Retina Jurnal Fotografi, 4(1), 119–133. https://doi.org/10.59997/rjf.v4i1.3527

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>