Diferensiasi Sebagai Strategi Branding Festival Budaya Pertanian ke-8 Kabupaten Badung

Authors

  • Ni Luh Ayu Praba Intarini Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar
  • Ni Luh Desi In Diana Sari Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar
  • I Wayan Nuriarta Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i01.27

Keywords:

Branding, Festival Budaya Pertanian ke-8, Desain

Abstract

Festival Budaya Pertanian Ke-8 Kabupaten Badung merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Badung. Festival budaya pertanian bertujuan untuk mempromosikan desa-desa wisata di Kabupaten Badung, promosi ini diharapkan mampu membangun citra Badung Utara sebagai obyek wisata berbasis pertanian. Sebagai upaya mewujudkan festival budaya pertanian yang mengusung tema hasil panen lokal, maka diperlukan strategi branding agar citra festival budaya pertanian lebih melekat dibenak masyarakat. Dengan strategi branding festival budaya pertanian dapat melebarkan gaungnya di tingkat Kabupaten, Nasional maupun Internasional. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penulisan ini adalah metode kualitatif yang menggunakan teknik analisis Brainstorming dan analisis SWOT. Dihasilkanlah strategi branding yang mengarah pada pemilihan media seperti logo, bilboard dan brosur sebagai media untuk menunjang branding Festival Budaya Pertanian yang ke-8.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anholt, Simon. 2003. Brand New Justice: Branding Places and Products Help the Developing World. London: Elsevier.

Buzan, Tony. 2008. Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Fajar, Nur’aini. 2016. Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Quadrant.

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif Dalam Periklanan: konsep pesan, media, branding, anggaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Nuriarta, I. W. (2009). Kajian Semiotika Kartun Majalah Tempo Tahun 2009. Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(1), 11-15. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/736

Nuriarta, I. W., & Bayu Artha, I. G. A. I. (2017). Bahasa Rupa Kartun Konpopilan Pada Koran Kompas Tahun 2016. Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Institut Seni Indonesia Denpasar, 5. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/191

Sarwono, Jonathan. 2007. Metode Rizet untuk Desain Komunikasi Visual/Jonathan Sarwono dan Hary Lubis. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : ANDI.

Susanto, M. 2002. Diksi Rupa, Kumpulan Istilah Seni Rupa. Yogyakarta: Kanisius.

Jurnal Amarasi - Desain Komunikasi Visual - ISI Denpasar

Downloads

Published

2020-01-01

How to Cite

Intarini, N. L. A. P., Sari, N. L. D. I. D., & Nuriarta, I. W. (2020). Diferensiasi Sebagai Strategi Branding Festival Budaya Pertanian ke-8 Kabupaten Badung. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(01), 30–36. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i01.27

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.