Fotografi Kontemplatif Tibet:

Bermeditasi Dengan Fotografi Kehidupan Sehari Hari

Penulis

  • Iwan Zahar Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Salman Maulana Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Tri Wahyudi Universitas Esa Unggul Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v4i1.2842

Kata Kunci:

Fotografi Kontempelatif, Chögyam Trungpa, intuisi, tibet, meditasi, Miksang, Zen

Abstrak

Fotografi kontemplatif Tibet ini relatif baru di Indonesia dengan adanya perkumpulan Miksang di sosial media sekitar tahun 2015.  Fotografi ini menarik dipelajari karena cara dan Teknik fotografi yang digunakan berbeda dengan Teknik barat.  Foto kontempelatif ini menerima lingkungan apa adanya, tidak merubah, tidak berorientasi target, tidak untuk dipamerkan pada orang lain dalam bentuk pameran foto, tidak untuk dikagumi oleh orang lain, bersifat intuitif, belajar menghargai lingkungan disekitar, subyek bisa suatu hal sehari-hari.  Metoda Penelitian berbasis praktik ini mempraktekan filosofi Chögyam Trungpa Ripoche yang dibuat 3 sampai 5 level tingkat pemotretan dari yang paling sederhana dot in space sampai foto yang kompleks.  Pemotretan menggunakan dua versi yaitu  level 1 sd 3 versi John McQuade dan level 1 sd 5 versi Michael Wood selama 3 bulan di sekitar Tomang, Jakarta.  Alat foto yang digunakan Iphone dan Nikon D50 dan tanpa menggunakan Cahaya dari lampu kilat dan menggunakan lensa normal atau sudut pandangan normal.  Foto hasil selama 3 bulan ini diupload ke Miksang Indonesia dan Way of Seeing facebook.  Sehingga foto dikomentar oleh pendiri Miksang Indonesia Doddy S Mawardi dan Prof John McQuade, penulis Buku Nalanda Miksang contemplative photography.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Salman Maulana, Universitas Esa Unggul Jakarta

Nama dan Gelar: Salman Maulana, S.Sn,M.Ds
Pendidikan: S2
Keahlian: Desain Interior

Tri Wahyudi, Universitas Esa Unggul Jakarta

Dosen Esa Unggul alumni ISI

Referensi

Allen, P. B. (1995). Art is a way of knowing: A guide to self-knowledge and spiritual fulfillment through creativity. Shambhala Publications.

Hoffmann, T. A. (2014). Fotographi as Meditation. : Rocky Nock.

Karr, A., & Wood, M. (2011). The practice of contemplative photography: Seeing the world with fresh eyes. National Geographic Books

Kaza, S. (2008). Mindfully green: A personal and spiritual guide to whole earth thinking. Shambhala.

Langer, E. J. (2014). Mindfulness forward and back. In A. Ie, C. T. Ngnoumen, & E. J. Langer (Eds.), The Wiley Blackwell handbook of mindfulness (Vol. 1, pp. 7–20). Wiley & Sons.

Lawrence, R. L. (2005). Knowledge construction as contested terrain: Adult learning through artistic expression. New Directions for Adult and Continuing Education, 107, 3–11. Diunduh tgl 21 oktober 2023 dari https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/ace.184

Miksang photography — Herspiral contemplative arts. (n.d.). Herspiral Contemplative Arts. https://www.herspiral.com/miksang

McQuade, J., & Hall, M. (2015). Looking and seeing: Nalanda Miksang contemplative photography. Way of seeing (Vol. 1). Madison, WI: Drala Publishing.

Paintner, C. V. (2013). The eyes of the heart: Photography as a Christian contemplative practice. Ave Maria Press.

Richardson, P., & Walsh, S. (2018). Du Endless Open Heart: Collaborative Poetry and Image as Contemplative and Restorative Practice. The Canadian Review of Art Education, 45(1), 153-164. Diunduh tgl 21 Oktober 2023 dari http://crae.mcgill.ca/article/view/59

Ryan, J., & Molesey, E. (2012). Photography as a tool of awareness. Journal of Transpersonal Psychology, 44(1), 92. Diunduh tgl 21 Oktober 2023 dari https://www.atpweb.org/jtparchive/trps-44-12-01-092.pdf

Scrivener, S. and Chapman, P. 2004. The practical implications of applying a theory of practice based research: a case study. Proceedings of the research into practise conference. Selected papers vol. 3. Diunduh dari http://www.herts.ac.uk/ artdes1/reseasch/papers/wpades/vol3/ssfull.htm

Trungpa, C. (2008). True perception: The path of dharma art. Shambhala Publications.

Trungpa, C. (1972). Visual Dharma: Film Workshop on the Tibetan Buddhist View of Aesthetics and Filmmaking. Chicago Review, 24(3), 77-89. Diunduh tgl 21 Oktober 2023 dari https://www.jstor.org/stable/25294723

Trungpa, C. Getting to the point with Chögyam Trungpa. (n.d.). Miksang Contemplative Photography | True Perception True Expression. https://www.miksang.com/getting-to-the-point-with-chogyam-trunpa/

Yang, C., Ivanova, E., & Hufnagel, J. (2021). Using contemplative photography in transformative sustainability management education: Pedagogical applications in the United States, Russia, and Germany. The International Journal of Management Education, 19(3), 100568. Diunduh tgl 21 Oktober 2023 dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1472811721001178

Wood, M. 19 Oktober 2023, About Miksang – Contemplative photography. (n.d.). Contemplative Photography. https://www.quarryfarm.com/wp/about-miksang/

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-27

Cara Mengutip

Zahar, I., Maulana, S., & Wahyudi, T. (2024). Fotografi Kontemplatif Tibet:: Bermeditasi Dengan Fotografi Kehidupan Sehari Hari. Retina Jurnal Fotografi, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.59997/rjf.v4i1.2842