ESTETIKA MODERNISASI FOTO MODE MUSLIM KARYA NICOLINE PATRICIA MALINA

Penulis

  • Winda Ayu Larashati Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v2i2.3488

Kata Kunci:

fotografi mode, muslim, nicole patricia malina

Abstrak

Penelitian ini membahas kemajuan budaya foto mode para umat muslim di Indonesia. Salah satu foto yang saya teliti adalah karya dari Nicoline Patricia Malina, seorang fotografer portrait. Foto mode adalah foto yang digunakan sebagai pemasaran dari sebuah produk pakaian. Persoalan yang diangkat membahas bagaimana budaya foto mode umat muslim mengalami kemajuan secara visual yang sedang terjadi di kalangan masyarakat Indonesia, mengkaji perkembangan mode melalui kajian estetika fotografi dan dokumentasi. Tujuannya agar kita dapat mengetahui perkembangan dalam desain mode yang sedang terjadi dikalangan umat muslim, yang estetikanya sering dituangkan dalam seni fotografi. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis Estetika dari Sudharsono. Kegiatan analisis data dimulai dengan teknik dokumentasi dari tahap pengumpulan data, penyajian data, serta tahap penarikan kesimpulan dengan penelitian kualitatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hidayanti, M. Saputri, & Putri, KW (2018). Trend perubahan gaya hidup muslim. In Prosiding Seminar Nasional ASBIS 2018 Politeknik Negeri Banjarmasin (pp. 303-313).

Damayanti, S. I. (2014). PERKEMBANGAN DESAIN BUSANA MUSLIM DALAM TINJAUAN SOSIOLOGIS. Corak: Jurnal Seni Kriya, 3(1).

Febrianto, Y., Apriyanto, M. F., & Rozaq, M. K. A. (2019). Visualisasi Tiga Wastra Etnik Nusantara Pada Karya Busana Oerip Indonesia Dalam Fotografi Fashion Editorial. Specta: Journal of Photography, Arts, and Media, 3(2), 80-88.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Larashati, W. A. (2022). ESTETIKA MODERNISASI FOTO MODE MUSLIM KARYA NICOLINE PATRICIA MALINA. Retina Jurnal Fotografi, 2(2), 302–306. https://doi.org/10.59997/rjf.v2i2.3488