Fotografi Komersial Sebagai Branding Sosial Media MEAI Studio

Penulis

  • Abdee Rangga Bhaskara Prakosa Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Putu Agus Bratayadnya Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Cokorda Istri Puspawati Nindhia Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v4i2.4312

Kata Kunci:

fotografi, komersial, proyek independen mbkm, meai studio

Abstrak

Dalam era digital dan dominasi berbagai platform media sosial, penggunaan gambar dan visualisasi telah menjadi elemen krusial dalam strategi pemasaran dan promosi. Keberhasilan dalam mempromosikan suatu brand tidak hanya tergantung pada teknik pengambilan gambar yang baik, tetapi juga pada konsep visual yang matang dan pengelolaan hasil akhir hingga publikasi, serta penyesuaian dengan selera audiens. MEAI Studio adalah creative studio yang berfokus pada produksi konten kreatif 3D Design dan maping. Fotografi secara umum dapat diartikan “menggambar dengan cahaya”. Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Penulis membuat planning pemotretan dengan mempertimbangkan estetika dan konsep yang bersangkutan pada sosial media Meai Studio guna menarik orang terhadap jasa yang disediakan MEAI Studio. Aspek ini penulis pertimbangkan bedasarkan trending dari waktu ke waktu penulis memutuskan untuk memakai karakter foto popup karena hasil pengamatan yang telah penulis susun dalam moodboard style seperti itu banyak mendapatkan exposure. hal ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan citra brand khususnya calon client. Hasil dari semua karya tersebut penulis gabungkan menggunakan Adobe Photoshop CC 2024 menjadi artboard untuk simulasi post pada Instagram MEAI Studio. Cara memvisualisasikan karya fotografi dari MEAI Studio adalah dengan medokumentasikan baik itu alat, karya, maupun event dari MEAI Studio yang selanjutnya akan diolah guna meningkatkan visibilitas citra merk melalui portofolio yang dihasilkan agar audience dalam hal ini calon client tertarik terhadap jasa yang disediakan oleh MEAI Studio.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adi Setiadi (2017). “Pengaruh Harga, Desain Produk, dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Lenovo (Studi Pada Pengguna Smartphone Lenovo di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Aditya, N. S., & Cokorda, I. P. N. (2021). Pesona Jember dalam fotografi landscape. Retina Jurnal Fotografi, 1(2), 58-68. diakses pada 18 April 2024.

Budiman, A. (2023). Implementation of the Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Curriculum in PETE Study Program. Journal of Physical and Outdoor Education, 5(1), 1-10.

Bull, Stephen. (2010). “Photography: Routledge Introductions to Media and Communication.” London : Routledge

Charpentier, Peter. 1993. Het Motief Voour Uw Foto, Motif Untuk Foto Anda. Semarang. Dahara Prize.

Djelantik, A.A.M. (2004). Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Gardianto, G. R., & Setyanto, D. W. (2019). Kajian Jurnalistik dengan Metode EDFAT Studi

Kasus Foto Pilkada 2015 Harian Suara Merdeka. Jurnal Audience, 1(1), 39–58.

Herlina, Y. (2003). "Kreativitas dalam seni fotografi" 5(2). diakses pada 20 April, 2024.

Nandy (2021). “Budaya Kerja Menurut Para Ahli & Jenis Budaya Kerja”, https://www.gramedia.com/best-seller/budaya-kerja/, diakses pada 7 April 2024.

Pangestu, M. T., & Aulia, N. (2017). "Hukum Perseroan Terbatas dan Perkembangannya Di Indonesia. Pro Negotium Justitae Legem, Three". https://law.uii.ac.id/wp-content/uploads/2017/04/V-01-No-03-hukum-perseroan-terbatas-dan-perkembangannya-di-indonesia-teguh-pangestu-dan-nurul-aulia.pdf.

Rulevy, D. F., & Parahyanti, E. (2016). Hubungan psychological capital dan perilaku kerja inovatif di industri kreatif: Studi pada karyawan perusahaan XYZ. Journal Psikogenesis, 4(1), 99-113.

Setiyanto, P. W., & Irwandi, I. (2017). Foto Dokumenter Bengkel Andong Mbah Musiran: Penerapan Dan Tinjauan Metode Edfat dalam Penciptaan Karya Fotografi. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 13(1), 29-40.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D), (Bandung: Alfabeta, 2013). Suryabrata sumandi. (2008). Metodologi penelitian/sumadi suryabrata. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Studio Soocaphoto. (2018). "Commercial Photography: Jenis dari Fotografi Komersialhttps://www.soocaphoto.com/commercial-photography-jenis dari fotografi- komersial/ , diakses pada 4 Mei 2024.

The Liang Gie, (1995). "Cara Belajar yang Efisien Jilid II Edisi keempat" (diperbaharui). Yogyakarta: Liberty.

Wiersma William, “Trianggulasi”, dalam Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta, 2016.

Yuliadewi, L. (2000). "Komposisi dalam Fotografi. Nirmana". https://ojs.petra.ac.id, diakses pada 16 Mei 2024..

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-26

Cara Mengutip

Prakosa, A. R. B., Bratayadnya, P. A., & Nindhia, C. I. P. (2024). Fotografi Komersial Sebagai Branding Sosial Media MEAI Studio. Retina Jurnal Fotografi, 4(2), 213–230. https://doi.org/10.59997/rjf.v4i2.4312

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4