Perancangan Cerita Bergambar Digital Untuk Sosialisasi “Aci Tulak Tunggul” Di Mengwi - Badung

Authors

  • I Kadek Ardian Wahyu Wiranatha Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar
  • Eldiana Tri Narulita Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar
  • I Gusti Ngurah Wirawan Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i01.31

Keywords:

Perancangan Cerita Bergambar Digital, Aci Tulak Tunggul, Desain Komunikasi Visual

Abstract

Cerita bergambar digital merupakan sebuah penerapan dari suatu ide yang dituangkan dalam suatu cerita bergambar yang dikemas secara digital dengan penerapan dari suatu cerita asli nusantara. Seperti halnya “Aci Tulak Tunggul” yang merupakan cerita asli nusantara dari Kecamatan Mengwi, Badung yang tepatnya berada di areal kolam Pura Taman Ayun. Cerita ini menceritakan tentang suatu penolakan bala yang disebabkan oleh tanggul kolam yang selalu jebol sehingga raja Mengwi Ida Cokorda Nyoman Mayun melakukan tapa samedi di Pura Puncak Pangelengan dengan harapan mendapatkan jawaban atas kejadian tersebut. Raja Mengwi mendapatkan jawaban bahwa tanggul itu akan membaik jika ada suatu dasar. Jika suatu saat nanti ada seseorang yang tenggelam, maka, bergegaslah membuat acara pamrayascita atau upacara yang dikenal dengan tarian baris kraras. Setelah hal tersebut dilakukan tanggul tidak pernah jebol kembali dan panen selalu baik dan melimpah. Alasan pemilihan kasus ini adalah agar dapat mensosialisasikan cerita asli Mengwi ini ke khalayak lebih luas dengan teknologi saat ini. Tujuan perancangan ini adalah untuk mengetahui media yang kreatif dan efektif serta mampu merancang media cerita bergambar yang sesuai dengan kriteria desain. Data dikumpulkan melalui wawancara, obervasi, kajian dokumen, analisis foto, dan secara online, sehingga di dapatkanlah gaya visual semirealis dengan konsep tradisi Bali yang di kemas secara modern, di dapatkan pula media pendukung yang kreatif dan efektif yang bertujuan untuk ikut serta mensosialisasikan cerita bergambar digital “Aci Tulak Tunggul” ini seperti halnya iklan media sosial, x banner, motion graphic, t shirt, dan katalog karya tugas akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sarwono. Jonathan, Lubis.Harry, (2007). Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Penerbit Andi

Jurnal Amarasi - Desain Komunikasi Visual - ISI Denpasar

Downloads

Published

2020-01-01

How to Cite

Wiranatha, I. K. A. W., Narulita, E. T., & Wirawan, I. G. N. (2020). Perancangan Cerita Bergambar Digital Untuk Sosialisasi “Aci Tulak Tunggul” Di Mengwi - Badung. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(01), 67–76. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i01.31

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.