TAHAP PRODUKSI ANIMASI BELAJAR MENGENAL HURUF DI HNS STUDIO BALI
Main Article Content
Abstract
Perancangan animasi belajar mengenal huruf di HNS Studio Bali merupakan proyek animasi yang digunakan sebagai portofolio animasi oleh HNS Studio. Animasi ini berbentuk cerita pendek yang didalamnya akan berisi pengenalan huruf. Proses perancangan animasi ini didukung oleh data berupa data primer dan data sekunder melalui metode wawancara, observasi, kepustakaan dan dokumentasi. Dalam proses pengerjaan animasi ini, penulis menggunakan strategi kreatif berupa strategi pesan, strategi visual, gaya visual, dan positioning. Pengerjaan animasi ini melalui beberapa tahapan yaitu; pra produksi, produksi, pasca produksi. Ukuran dari animasi ini penulis menggunakan ukuran 1920x1080 pixel dengan frame rate 30fps dan total durasi 2 menit 42 detik. Manfaat pengerjaan animasi ini selain sebagai portofolio bagi HNS Studio Bali juga sebagai media edukasi bagi anak-anak dalam mengenal huruf yang dikemas melalui alur kehidupan dalam bentuk fantasi dengan konsep pahlawan bergaya kartun. Nantinya perkembangan media edukasi ini akan berkembang menjadi game interaktif yang akan terdiri dari kumpulan animasi edukasi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Dhega, H. R., Tiaga, I N. A., & Wirawan, I G. N. (2022). PERANCANGAN KONSEP ANIMASI BUS E-INOBUS KTT G20 BALI. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.
Julianto, I N. L., Cahyadi, I W. A. E. (2020). “INTERAKTIVITAS ILUSTRASI PADA RUANG BELAJAR SISWA SD KELAS 1 – 3 DI BALI” AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.
Prakosa, Gatot. (2010). ANIMASI Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Jakarta. Fakultas Film dan Televisi-Institut Kesenia Jakarta.
Yasa, G. P. P. A., Narpaduhita, K. A. S., & Purwita, D. G. (2019). “PERANCANGAN FILM ANIMASI PENDEK 2D SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENANGANAN ANXIETY DISORDER”. Jurnal Bahasa Rupa