Komik Strip sebagai Strategi Kreatif Kampanye Penerapan Pola Makan 3j pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Buleleng

Authors

  • I Made Edwan Dwi Wiratama Mara Putra Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar
  • Cok Gde Raka Swendra Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar
  • Wahyu Indira Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/amarasi.v2i01.76

Keywords:

Kampanye, Diabetes, Pola Makan 3J, Desain Komunikasi Visual

Abstract

Diabetes Melitus Tipe 2 adalah adalah suatu penyakit gangguan metabolik menahun yang ditandai oleh kenaikan kadar gula darah akibat penurunan produksi insulin. Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia meningkat terutama diakibatkan oleh perkembangan pola makan yang salah. Peningkatan jumlah penderita Diabetes Melitus tipe 2 di Poliklinik Penyakit Dalam di RSUD Buleleng disebutkan bahwa pada tahun 2019 total dari 1.631 kunjungan dengan 85% adalah penderita Diabetes Melitus tipe 2 yaitu sebanyak 1.387 kunjungan (Rekam Medik RSUD Buleleng, 2019). yang mana salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman atau edukasi yang benar agar masyarakat mengerti dan memahami bagaimana penerapan pola makan 3J yaitu jadwal, jumlah dan jenis makanan, sehingga terhindar dari komplikasi. Penulis memperoleh data melalui metode observasi di RSUD Buleleng dan melakukan wawancara secara online dengan salah satu petugas kesehatan mengenai penyakit Diabetes Melitus Tipe 2 dan cara pencegahannya melalui pola makan 3J. Untuk itu diperlukan pemahaman atau edukasi yang benar agar masyarakat mengerti dan memahami bagaimana penerapan pola makan 3J bagi penderita diabetes melitus tipe 2. Diperlukan media kampanye melalui Desain Komunikasi Visual dengan konsep “Fun and Education“ untuk dapat menarik perhatian dan membujuk penderita sehingga melaksanakan penerapan pola makan 3J bagi penderita diabetes melitus tipe 2 sehingga terhindar dari komplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiastuti, Rini. 2012. Ilmu Prilaku Konsumen. Penerbit Universitas Brawijaya Press.

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : CV Andi Offset (Penerbit Andi).

Rustan, Surianto. 2011. Huruf Font Tipografi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sarwono, Jonathan dan Lubis, Harry. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : C.V Andi Offset (Penerbit Andi).

Subagyo, P. Joko. 2011. Metode Penelitian Dalam Teori & Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : CV Alfabeta (Penerbit Alfabeta).

Amarasi : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Downloads

Published

2021-01-26

How to Cite

Mara Putra, I. M. E. D. W., Swendra, C. G. R., & Indira, W. (2021). Komik Strip sebagai Strategi Kreatif Kampanye Penerapan Pola Makan 3j pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Buleleng. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 2(01), 28–38. https://doi.org/10.59997/amarasi.v2i01.76

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)