PROSES PRODUKSI ANIMASI ART ILLUSTRATIONS UNTUK VIDEO KLIP BAND TIKET OLEH HNS STUDIO BALI DI TAMPAKSIRING
Main Article Content
Abstract
Hope Never Sleep (HNS) Studio merupakan perusahaan kreatif yang bergerak dibidang ilustrasi, desain grafis dan animasi. Proses produksi animasi art illustrations untuk video klip Band Tiket oleh HNS Studio Bali di Tampaksiring sebagai promosi lagu yang disempurnakan kembali. Untuk mempelajari proses produksi dari HNS Studio dalam menangani proyek animasi ini, menerapan pemahaman prinsip-prinsip yang terdapat pada animasi. Animasi merupakan gambar yang seolah-olah ditampilkan hidup, hal ini disebabkan oleh kumpulan gambar berubah-ubah secara beraturan dan ditampilkan bergantian. Objek gambar dapat ditampilkan dalam bentuk tulisan, benda, warna ataupun spesial efek. Video klip adalah sebuah film pendek atau video yang mendampingi alunan musik, umumnya sebuah lagu, Animasi ini nantinya akan menjadi video klip yang dipublikasikan pada platform yang dimiliki oleh Band Tiket. Dalam mengerjakan animasi ini, proses pengerjaanya dibagi menjadi tiga tahap yaitu; pra produksi, produksi, post produksi. Proses produksi animasi art illustrations untuk video klip Band Tiket oleh HNS Studio Bali di Tampaksiring menggunakan identifikasi dan pengumpulan data primer dengan metode wawancara, observasi, kepustakaan, dokumentasi dan partisipasi. Manfaat dari Kolaborasi antara HNS Studio Bali serta Band Tiket nantinya akan dapat meningkatkan ilustrasi serta animasi dikaca internasional melalui animasi art illustration video klip Band Tiket. Dan animasi ini juga akan semakin membangkitkan pesona kedua pihak yaitu HNS Studio Bali dan Band Tiket.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Bambi Bambang Gunawan. 2013. NGANIMASI Bersama Mas Be!. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-
Kayowanan, I. G. N. B. L., Dharma, A., Astuti, N.
K. R., & Cahyadi, I. W. A. E. (2022). PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL ALBUM Z SEASON II OLEH BLXKBOYZ RECORDS DI DENPASAR. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 3(1), 25-31.
Kesuma, I. P. G. W., Swendra, C. G. R., & Narulita,
E. T. (2021). The Desain Komunikasi Visual Untuk Kampanye Pilah Sampah Oleh Bank Sampah Luhu Wijaya Kesuma di Gianyar. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 2(02), 220-228.
Prakosa, Gatot. (2010). ANIMASI Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Jakarta. Fakultas Film dan Televisi-Institut Kesenia Jakarta.
Ramadhan, M. (2021). Analisis Semiotika Nilai- nilai Islam Dalam Video Klip" deen Assalam"(Studi Pada Video Klip Nissa Sabyan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Sancaya, I. M. A. W., Swandi, I. W., & Artawan, C.
A. (2022). Perancangan Stock Illustration Bertema Beach Holiday di Florto Studio. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 3(02), 123-131.
Satriawan, A., & Apriyani, M. E. (2016). Analisis Dan Pembuatan Rigging Karakter 3d Pada Animasi 3d “Jangan Bohong Dong”. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).
Yasa, G. P. P. A., Narpaduhita, K. A. S., & Purwita,
D. G. (2019). Perancangan film animasi pendek 2d sebagai media kampanye penanganan anxiety disorder. Jurnal Bahasa Rupa, 2(2), 146-152.