Perancangan Buku Panduan Maplalian Deduplak & Media Pendukung Oleh Dinas Kebudayaan Pemerintah Kota Denpasar Sebagai Media Pelestarian Permainan Tradisional Bali
Main Article Content
Abstract
Permainan tradisional merupakan permainan yang sederhana dengan tujuan membentuk dan membina watak lewat metode yang menarik dan menyenangkan, sambil bermain dapat memetik pelajaran. Deduplak adalah salah satu permainan tradisional Bali yang menuntut keterampilan bergerak disertai dengan menjaga keseimbangan tubuh. Suasana bermain Deduplak merangsang semangat, ambisi dan emosi. Keselamatan dan kesuksesan sangat dipengaruhi oleh semangat berkompetisi, terampil, kerjasama, dan mampu mengendalikan diri. Namun, permainan tradisional sebagai salah satu aktivitas yang seharusnya melekat dengan identitas anak-anak, dan bermanfaat untuk menanamkan ajaran moral sudah semakin ditinggalkan. Oleh karena itu, perlu untuk dilakukan pengenalan kembali permainan tradisional melalui media yang dapat menarik perhatian anak. Buku panduan permainan tradisional dapat dijadikan sebagai media untuk memberikan petunjuk dan langkah langkah dalam bermain, sekaligus sebagai upaya pelestarian permainan tradisional. Permainan tradisional Deduplak juga sangat penting untuk dilestarikan karena memiliki nilai-nilai moral seperti sportifitas, kerjasama dan kebersamaan. Melihat fenomena ini maka penulis memberikan solusi untuk membantu upaya pelestarian Plalian Deduplak dengan menciptakan buku panduan Maplalian Deduplak & media pendukung yang edukatif dan menarik. Dalam perancangan buku panduan ini menggunakan bidang ilmu desain komunikasi visual yang bersifat multidimensi. Terciptanya buku panduan ini agar permainan tradisional deduplak dapat kembali lestari dan merangsang anak-anak lebih tertarik dengan permainan tradisional.
Downloads
Article Details
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Dharsono. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains, 2007.
Hendratman, Hendy. 2014. Coputer Graphic Design. Bandung : Informatika Bandung
Janottama, I. P. A., & Putraka, A.N.A (2007) Gaya Dan Teknik Perancangan Ilustrasi Tokoh Pada Cerita Rakyat Bali. Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Institut Seni Indonesia Denpasar, 5 Retrived from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/189
Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Penerbit ANDI
Negara, Sudika & Udayana, Bagus. Buku Ajar Ilustrasi I. Denpasar, 2009
Pujiriyanto.2005. Desain Grafis Komputer (Teory Grafis Komputer). Yogyakarta: ANDI OFFSET
Raharja, dkk. 2009. Buku Ajar Metode Penelitian Desain. Bali: ISI Denpasar.
Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta
Taro, Made. 2015. Dari Tok Pitu sampai Tok Lait Kancing. Denpasar : Amada Press
Wasono, Bowo. 2008. Teknik Grafika dan Industri Grafika. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Trinawindhu, IB. 2013. ISI Denpasar. Tinjauan Ergonomi Pada Perajin Batok Kelapa Dengan Bantuan Mesin Amplas Modifikasi Di Griya Handicraft, Desa Tampaksiring-Gianyar, Bali
Trinawindhu, IB Ketut dkk. 2013. ISI Denpasar.Tipografi dan Warna dalam Desain Komunikasi Visual Ditinjau Dari Aspek Kenyamanan Visual