KAJIAN SEMIOTIKA SAMPUL MAJALAH TEMPO EDISI COVID-19

Authors

  • Bianda Aprilia Rahardjo Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar
  • Ida Ayu Dwita Krisna Ari Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar
  • I Wayan Nuriarta Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i02.36

Keywords:

Sampul Depan Majalah Tempo, Covid-19, Elemen Visual, Semiotika Roland Barthes

Abstract

Tahun 2020 merupakan tahun muncul dan masuknya COVID-19 ke Indonesia dan merugikan berbagai pihak. Pada bulan Desember warga negara China sudah ada beberapa yang terkena COVID-19. Pada bulan Januari hingga bulan Februari sudah banyak negara yang terkena dampak dari COVID-19, sedangkan Indonesian mulai masuknya COVID-19 ini pada awal bulan Maret dengan terdeteksinya dua pasien yang terkena virus ini. Peristiwa ini menjadi berita utama media massa seperti Majalah Tempo. Majalah Tempo dikenal dengan majalah yang memiliki opini dan pembacanya yang berpikiran kritis terhadap suatu keadaan terkini. Pada sampul depan majalah Tempo biasanya menggunakan ilustrasi digital yaitu kartun yang bersangkutan dengan keadaan masyarakat atau pemerintah di Indonesia dengan memanfaatkan elemen visual. Dari latar belakang tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui elemen visual yang terdapat pada sampul depan majalah Tempo edisi COVID-19 dan untuk mengetahui makna denotasi dan konotasi yang terdapat pada sampul depan majalah Tempo edisi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan elemen visual yang terdapat. Makna denotasi sebagai tanda untuk menunjukkan keadaan sesungguhnya, dan makna konotasi sebagai sebuah kritikan terhadap persoalan yang perlu mendapatkan perhatian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books

Rustan Surianto. 2009. Layout: dasar & penerapannya. Gramedia: Jakarta

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Nuriarta, I. W. 2018. Kajian Semiotika Kartun Majalah Tempo Tahun 2019. PRABANGKARA Jurnal Seni Rupa dan Desain Volume 23 Nomor 1, Juni 2019

Nuriarta, I. W. 2020. Tinjauan Desain Komunikasi Visual Sampul Majalah Tempo Edisi 16-22 Maret 2020.

https://www.isi-dps.ac.id/artikel/tinjauan-desain-komunikasi-visual-sampul-majalah-tempo-edisi-16-22-maret-2020/

Setiawan. N. (2020). Pemaknaan Cover Majalah Tempo (Analisis Semiotika Cover Majalah Tempo Edisi 16 September-22 September 2019). Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.6 No.1 April 2020

Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual

Downloads

Published

2020-07-14

How to Cite

Rahardjo, B. A., Krisna Ari, I. A. D., & Nuriarta, I. W. (2020). KAJIAN SEMIOTIKA SAMPUL MAJALAH TEMPO EDISI COVID-19. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(02), 93–103. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i02.36

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.