Diferensiasi Sebagai Strategi Branding Festival Budaya Pertanian ke-8 Kabupaten Badung
Main Article Content
Abstract
Festival Budaya Pertanian Ke-8 Kabupaten Badung merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Badung. Festival budaya pertanian bertujuan untuk mempromosikan desa-desa wisata di Kabupaten Badung, promosi ini diharapkan mampu membangun citra Badung Utara sebagai obyek wisata berbasis pertanian. Sebagai upaya mewujudkan festival budaya pertanian yang mengusung tema hasil panen lokal, maka diperlukan strategi branding agar citra festival budaya pertanian lebih melekat dibenak masyarakat. Dengan strategi branding festival budaya pertanian dapat melebarkan gaungnya di tingkat Kabupaten, Nasional maupun Internasional. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penulisan ini adalah metode kualitatif yang menggunakan teknik analisis Brainstorming dan analisis SWOT. Dihasilkanlah strategi branding yang mengarah pada pemilihan media seperti logo, bilboard dan brosur sebagai media untuk menunjang branding Festival Budaya Pertanian yang ke-8.
Downloads
Article Details
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Anholt, Simon. 2003. Brand New Justice: Branding Places and Products Help the Developing World. London: Elsevier.
Buzan, Tony. 2008. Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Fajar, Nur’aini. 2016. Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Quadrant.
Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif Dalam Periklanan: konsep pesan, media, branding, anggaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Nuriarta, I. W. (2009). Kajian Semiotika Kartun Majalah Tempo Tahun 2009. Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(1), 11-15. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/736
Nuriarta, I. W., & Bayu Artha, I. G. A. I. (2017). Bahasa Rupa Kartun Konpopilan Pada Koran Kompas Tahun 2016. Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Institut Seni Indonesia Denpasar, 5. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/191
Sarwono, Jonathan. 2007. Metode Rizet untuk Desain Komunikasi Visual/Jonathan Sarwono dan Hary Lubis. Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : ANDI.
Susanto, M. 2002. Diksi Rupa, Kumpulan Istilah Seni Rupa. Yogyakarta: Kanisius.